Membuat foto wajah menjadi animasi kartun di flash


teguhashax.blogspot.com kali ini saya membagi trik adobe flash yaitu membuat fotowajah menjadi kartun. Langsung saja.

1.      Siapkan sampel foto yang akan dijadikan kartun, lalau bukalah program adobe flash atau macromedia flash. Pada dialog welcome sreennya pilih flashfile (ActionScript 3.0)


2.      Atur dulu ukuran kanvas agar sesuai dengan sampel foto yang akan dijadikan kartun dengan cara menekan CTRL + J atau masuk ke menu modify -> documen. Lalu pada kotaak dialog aturlah agar sesuai dengan foto.



3.      Gunakan rectagle tool yang ada di toolbox dan pada stroke color pilih warna merah dan pada fill color pilih no fill. Lalu buatlah kota seukuran area kerja sebagai bingkai untuk menjaga agar gambar  tidak keluar dari area kerja.
                                                                                                       

4.      Buatlah layer baru dengan cara mengklik icon insert layer kemudian geser layer tersebut ke bawah layer 1. Setelah itu masukan sampel foto yang sudah di siapkan dengan cara masuk ke menu file->import->import to stage. Lalu aturlah posisi gambar agar sesuai dengan bingkai foto, gunakanlah FreeTransformTool unteuk merubah ukuran foto.


5.      Untuk memudahkan memwarnai dan memodifikasi gambar nantinyya sebaiknya setiap bagian gambar dibagi-bagi menjadi layer-layer yang berbeda. Dan setiap layer sebaiknya diberi nama dengan cara mengklik 2 kali pada nama layer. Dalam tutorial kali ini saya memakai layer yangmasing-masing dibernama sesuai baginnya yaitu kepala, rambut, mata, alis, hidung, bibir, leher, badan,kuping. Ingat layer-layer tersebut harus berada di atas layer 2 atau layer yang berisi foto.

6.      Mulailah menggambar foto dengan menggunakan pencil tool dengan mode smooth. Dan gunakanlah stroke tool dengan warna yang mencolokagar garis bisa terlihat jelas. Muali dari layer kepala, gambarlah samapai bagian badan yang ada di bagian frame. Ingat ketika mengambar layer harus sesuai dengan yang digambar, untuk memmudahkan menggambar bagian yang agak detail, gunaknnalah fasilitas zion yang ada disudut kanan arae kerja.



7.      Biasanya gambar masih terlihat kasar, jadi lakukanlah penyesuaian dengan menggunakan Selection Tool yang ada di tool box. Lakukan dengan caramendekatkan ke garis klik dan geser. 

8.      Liahtlah perbedaannya sebelum dan sesudah dirapihkan.
9.      Untuk membuat garis tepi kembali berwarna hitam, caranya adalah dengan menekan CTRL+A kemuadian masuk ke properti dan gantilah strokr fill dengan warna hitam.


10.  Dan hasilnya akan seperti ini.

11.  Sekarang kita mualai mewarnai. Gunaknlah paint bucket tool. Dan kunculah dulu layer laian yang tidak sedang di warnaidengan mengklik lock layer. Pilihlah ukuran gap yang besar untuk memudahkan pewarnaan. Jika ada bagian yang tidak berhasil di warnai, periksalah garis pinggir bagian tersebut apakah sudah tertutup rapi.

12.  Jika pewarnaan sudah selesai sobat bisa menghapus layer gambar aslu dengan mengklik kanan dan pilih delete layer. Anda juga bisa menghapus layer bingkai dengan cara yang sama.
13.  Untuk lebih rapi anda rapihkan kembali bagian bagian yang kurang rapi.
14.  Jika sudah merasa mantap dengan hasilnya untuk mengeksport gambar tersebut anda masuk ke menu file->ekport->eksportimage. Berilah nama sesuai keinginan sobat dan simpanlah dengan format PNG atau JPG tapi agar lebih bagus simpanlah dengan format PNG.

15.  Dan hasil yang sudah di simpan dan dirapihkan akan terlihat seperti ini.


16.  Tertarik mencoba, selamat mencoba. Mohon maaf bila agak ribet hehe J

Referensi : tabloid PCmild 07-20 juli 2009
Share on Google Plus

About Teguh Gunawan

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

4 comments:

Silakan berkomentar sesuai dengan isi artikel. berkomentarlah dengan kata yang sopan, no SARA, no spam, no P*RN.