Open top menu
Saturday, November 26, 2011

Buat yang lagi nyari naskah drama, ni saya punya, teks drama ini hasil karnya saya dan teman-teman saya waktu SMP. Naskah drama ini pernah kami pentaskan waktu pentas seni di ujian praktek kelas 9 hehe... J. Mohon maaf jika ceratany sedikit kurang seru ! sok mangga di sedot wae.
Karya         :
1.      Adistya Oktaviani PU
2.      Asyifa Nursani
3.      Deni Ramdani
4.      Humaeroh
5.      Nandar Ramadlan
6.      Nurahmawati
7.      Piki
8.      Riani
9.      Suanti Ningsih
10.  Teguh Gunawan
11.  Tia Oktaviani
12.  Yulianti

Tokoh-Tokoh :  1. Eliana Renaldi                                       7.   Fadil Renaldi
                          2. Arin                                                        8.   Mamat (Polisi 1)
                          3. Ana Renaldi                                           9.   Saleh (Polisi 2)
                          4. Lia                                                          10. Rizky Tambunan
                          5. Ria                                                          11. Rahma
                          6. Maya Renaldi

        Disebuah sekolah yang terkenal, ada sekumpulan anak yang menamai diri mereka sebagai geng The Golden Girls atau yang sering di sebut sebagai The Golden G. Mereka terdiri dari Eliana, Arin, Lia dan Ria. Mereka adalah geng cewek yanga sangat jutek dan tidak mau disaingi oleh orang lain.
        Suatu hari ada murid baru yang bernama Ana. Dia adala seorang yang baik hati, rajin, pintar tapi bisa juga disebut sebagai seorang yang cupu,

        Di pagi hari yang cerah, ketika Ana sedang berjalan menujuperpustakaan, ia tidak senganja menabrak Eliana pimpian dari geng The Golden Girls.

Ana                 : Maaf- maaf aku gak sengaja!
Eliana              : Kalau jalan liat-liat dong !
Arin                             : Iya nih, kalau jala liat-liat dong.
Ria & Lia        : Kalau jalan liat-liat dong.
Ana                 : Maaf-maaf, aku bener-bener gak senganja !.
Eliana              : Kayaknya, aku baru ngeliat kamu deh!
Arin                 : Kamu anak baru yach..?
Ana                 : Ya, Aku anak baru !
Arin                 : Ya udah, ayo kita pergi…gak penting ngurusin orang kayak dia.
Ria                  : Iya bener, ayo El kita pergi..!
Lia                   : Yuk….!


       Ana si anak baru, merasa sedih, karena di hari pertanmanyamasuk sekolah disekolah barunya, ia di perlakuka seperti itu. Sesampanya di rumah, Ana menceitakan semua hal yang dilakukan oleh geng golden g di sekolah kepada ibunya, yaitu Ibu Maya.

Ana                 : Bu…..!
Ibu Maya        : Ya nak….ada apa ?
Ana                 : Bu, Ana mau pindah lagi aja ke sekolah lain.
Ibu Maya        : Emang kenapa sih nak…?
Ana                 : Aku tadi di sekolah di jahatin sama teman-temanku.
Ibu Maya        : Sabar  aja ya nak, nanti juga mereka sadar !
Ana                 : Iya Bu…!
Ibu Maya        : Gih…sana ganti baju, terus sholat, kebetulan Ibu suda bikini makan siang buat   
                          kamu,dimakan yach…!
Ana                 : Iya bu…!

        Keesoka harinya, di rumah kediaman Eliana, ayah Eliana yaitu pak Fadil Renaldi sangat  tekejut dan teherann-heran karena koran yang di baca oleh pak Fadil memuat berita yang berisi bahwa pak Fadil di tuduh sebagai koruptor.

Pak Renaldi    : Apa-apaan ini.
Eliana              : Ada apa ded..??
Pak Renaldi    : Ini bener-bener gak bisa di diemin.
Eliana              : ded, Ada apa ?
Pak Renaldi    : Gak sayang gak ada apa-apa kok..!
Eliana              : Gak da apa-apa kok ayah glisah gitu..!?
Pak Renaldi    : Udah-udah, nanti kamu kesiagan ke sekolah.
Eliana              : Ya yah, Eliana pergi dulu yach, Assalamu’alaku…!

       Di perjalanan menujju sekolah, Eliana memikirkan apa yang terjadi pada ayahnya pagi itu. Sementara itu di sekolah.

Arin                 : Eh-eh ada gossip baru loh..mau tau gak..!!?
Ria & Lia        : Apa-apa,emang ada gossip apa lagi..!?
Arin                 : Teryata Eliana itu anak koruptor lho..!
Lia                   :  Masa sich..!?
Ria                  : Iya nich, Arin ada-ada aja..
Arin                 : Kalau gak percaya, baca nih..
Ria & Lia        : Hah…berita ini benener..?!
Arin                 : Bener lah..!
Ria                  : Wah…..gimana dong, nanti geng kita biasa tercemar dong..?!
Arin                 : Iya bener tuh..
Lia                   : Lebih baik Eliana kita jauhi saja….?
Arin & Ria      : Bener-bener….!!

       Sesampaiya di sekolah Eliana heran, karena teman-temannya diam dan membisu kepadanya.

Eliana              : Pagi temen-temen, ada apa nicn..!?
Arin                 : El, mendingan sekerang kamu gak usah temenan sama kita lagi deh…
Ria & Lia        : Bener tuh El…
Eliana              : Emang, kenapa sich..??
Arin                 : Baca nih El…

       Eliana pun sangat kaget dan terkejut setelah membaca berita itu.

Eliana              : Ini semua bohong, ini pasti da yang memfitnah ayah aku..
Ria & Lia        : Udah deh El, Mending kamu jangan dekat-dekat sama kita lagi…
Eliana              : Tapi-tapi..
Arin                 : Iya mendinagan sekarang kamu jauhin kita aja..

        Eliana pun merasa sedih karena teman-temanya tidak mau berteman dengannya lagi. Kemudian Eliana berlari ke taman, tanpa Eliana sadari, ternyata Ia duduk di samping Ana yang sedang membaca buku.

Ana                 : El maaf, kalau aku boleh tau, kenapa kamu nangis..??
Eliana              : Apaan sih kamu, kamu mau ngejek aku seperti mereka..?
Ana                 : Gak kok El, aku Cuma mau  tau kenapa kamu nangis ??
Eliana              : Kamu gak perlu tau.
Ana                 : El, bisa gak sih kamu ngebahagiain aku, sekali…aja, aku kan juga manusia…!?
Eliana              : Sudah, pergi sana...

        Ana bingung, karena Eliana yang dulunya ceria dan super jutek itu sekarang berubah. Saat ia di depan mading, dia melihat apa yang embuat Eliana sedih.

Ana                 : Oh….Jadi ini yang membuat Eliana sedih…

        Kemudian Rahma, salah seorang dari teman Ana yang baik pun menghampiri Arin yang sedang membaca berita di depan mading sekolah.

Rahma             : Liat tuh An, Orang yang selama ini ngusilin kamu, sekarang kena batunya juaga
                          kan…!!?
Ana                 : Its…jangan gitu ah, dia juga kan teman kita..!!
Rahma             : Emang Ana, kamu orang yang baik, dalam kedaan apapun kamu tatap sabar…
Ana                 : Uh….Jadi malu..!!!!
Rahma             : Udah dulu yach, aku mau masuk kelas dulu..!!

        Sementara itu dikediaman Eliana, Eliana yang baru pulag dari sekolah, sangat terkejut karaena Melihat Ayahnya di tangkap polisi.

Eliana              : Yah….Ayah….!!??, Pak ayah saya mau di bawa kemana…???
Pak Polisi 1     : Nanti kami jelaskan di kantor..

        Sementara itu, di kediaman Ana, Ibu Maya terkejut melihat melihat mantan suaminya yaitu pak Fadil, di tuduh korupsi, kemudian Ibu Maya pun mengajak Ana ke kantor Polisi.

Ibu Maya        : Ya Allah…, apa yang terjadi pada mantan suamiku..???
Ana                 : Bu, ada apa??
Ibu Maya        : Ayo cepat kita pergi, ada urusan penting..
Ana                 : Mau kemana Bu..??
Ibu Ana           : Ayo cepat ikut  saja jangan banyak tanya..

       Ana dan Ibunya pun pergi menuju kantor polisi. Sesampainya di kantor polisi, Ibu Maya terkejut melihat mantan suaminya bersama seorang anak perempuan.

Ibu Maya        : Mas, benar, berita yang ada di koran itu.??
Pak Fadil         : Tidak, ini semua tidak benar, ada seseorang yang berniat menghancurkanku.
Ibu Maya        : Mas, ini siapa??
Eliana              : Ada juga, kamu siapa ??
Pak Fadil         : Sayang, ini ibu kandung kamu.
Eliana              : Ibu?? gak mungkin, Ibu kan sudah meninggal..??
Ibu Maya        : Jadi, ini anak kita Mas…??
Pak Fadil         : Iya..

        Ibu Maya pun langsung memeluk Eliana, tetepi Eliana masih tidak percaya bahwa ibu Arin adalah Ibunya juga.

Eliana              : Lepasin, Dedi, sebenarnya apa yang terjadi.?????
Pak Fadil         : Benar sayang ini adalah ibu kandung kamu..
Eliana              : Kenapa dia gak besarin aku bareng dedi.,??
Pak Fadil         : Sewaktu kalian masih kecil kami bercerai karena suatu hal…

       Lalu Eliana pun memeluk dengan erat, Ana, pak Fadil, dan Ibu maya yang ternyata mereka adalah keluarganya. ( Eliana langsung bernyanyi : Naff-Akhirnya ku menemukanmu)

Polisi 2       : Stop…, maaf bu, suaminya mau kami periksa..
Ibu Maya    : Oh silahkan pak..!!
Polisi 2       : Mari saudara Fadil ikut kami.!!
Eliana         : Pak.., ayah saya mau di tahan??
Polisi 2       : Gak de, ayah kamu cuma di tahan untuk sementara dan di mintai keterangan sampai
                     koruptor sebenarnya tertangkap

        Seminggu kemudian, polisi telah berhasil menangkapkoruptor yang yang sebenarnya, yaitu pak Rizky Tambunan yang selama ini menjadi rekan kerja Pak Fadil.

Polisi 1       : Selamat  pak, Anda bebas !!, koruptor yang sebenarnya telah berhasil kami tangkap.
Pak Fadil    : Maaf pak, kalau boleh saya tahu, sifa koruptor yang sebenarnya pak ??
Polisi 2       : (menghampiri) ini pak koruptor yang selama ini akami cari.
Pak Fadil    : Oh…Ternyata kamu…..(sambil menanpar Pak Rizky Tambunan)
R. Tambunan : Kau boleh menemparku sepuas hatimu, tapi asal kau tau, aku menyesal telah
                          memfitnahmu. Maafkan aku.
Polisi 1       : Sudah pak ini biar kami yang urus….

       Setelah terbebas dari penjara, Pak Fadil pun kembali menikah dengan Ibu Maya. Dan Eliana yang selama ini jutek sekarang menjadi anak yang baik dan menjadi kakak yang baik bagi Ana. Merekapun hidup bahagia dalam sebuah keluarga.
                                                                                                  *TAMAT
Different Themes
Written by Teguh Gunawan

Terimakasih atas kunjungan Anda dan Kesediaan anda membaca artikel ini. Kritik dan Saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah. Tolong bantu untuk share Artikel ini ke teman teman anda melalui tombol share diatas.

8 comments:

  1. lebay x bru jga di bilang"klo jlan liat2 dong" udah ngadu orng tua ....

    ReplyDelete
  2. @stevani maklum la gan, yang bikin juga anak SMP, masih blajar....!!!!

    ReplyDelete
  3. WOw, karya rame2 nih? Terus berkarya y? Klo mau cari referensi ato sharing tentang naskah drama, bisa liat koleksi2 di Bank Naskah FS.

    Salam

    ReplyDelete
  4. buat yang 10 orang dong aku butuh banget....

    ReplyDelete
  5. maaf gan yang 10 orang gak ada,,,di selip-selipin aja 1 tokoh laginya.. :)

    ReplyDelete
  6. gan ane pake yaa.. naskahnya... thank's :D

    ReplyDelete

Silakan berkomentar sesuai dengan isi artikel. berkomentarlah dengan kata yang sopan, no SARA, no spam, no P*RN.