Pengenalan internet


1.       Sejarah internet
Sebelum internet ada, ARPAnet (US defense Advanced Research Projects Agency)  atau departemen pertahaanan amerika tahun 1969 membuat jaringan komputer yang tersebar untuk menghindarkan terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah di hancurkan. Jadi jika satu bagian dari sambungan Networks terganggu oleh serangan musuh, jalur yang melalui sambungan tersebut otomatis di pindahkan ke sambungan lainnya. Setelah itu internet digunakan oleh kalangan akademis untuk keperluan penelitian dan pengembangan teknologi. Dan baru setelah itu pemerintah amerika serikat memberikan izin ke arah komersial pada tahun 1990.


2.       Pengertian internet
·         Internet (interconected Network) merupakan sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan berbagai macam situs. Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk seluruh pemakainya di seluruh dunia.

Jaringan yang bekerja pada internet bekerja berdasarkan suatu set protokol standar yang digunkana untuk menghubungkan jaringan komputer dan mengamati lalu lintas dalam jaringan . protokol ini mengatur format data yang di izinkan, penanganan kesaalahan (error-handling), lalu lintas pesan, dan standar komunikasi lainnya . protokol standar pada internet dikenal dengan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Protokol ini memiliki kemampuan untuk bekerja pada segala jenis komputer, tanpa terpengaruh oleh perbedaan perangkat keras maupun sistem operasi yang digunakan.

·         Intranet adalah konsep LAN yang mengadopsi teknologi internet. Intranet diperkenalkan pada tahun 1995. Khoe Yao Tung (1997) mengatakan : intranet adalah LAN yang menggunakan standar komunikasi dan segala fasilitas internet, diibaraatkan innternet di lingkungan lokal. 
Share on Google Plus

About Teguh Gunawan

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar sesuai dengan isi artikel. berkomentarlah dengan kata yang sopan, no SARA, no spam, no P*RN.