Belajar photoshop #4 : Pewarnaan

Jika kita mendesain atau memanipulasi sebuah gambar pasti tidak akan lepas dari yang nemanya pewarnaan. Jika kita menggunakan adobe photoshop ini kita akan di manjakan dengan berbagai fasilitas pewarnaan yang cukup banyak. Dan untuk mengetahui pewarnaan di photoshop saya akan sedikit jelaskan.
1.      Warna dalam tool box
Dalam tool box photoshop menyediakan dua macam warna yaitu foregroude color dan background color.


a)      Foreground color : mrupakan warna untuk bagian atas suatu gambar dan juga digunakan untuk warna tool-tool yang ada di tool box, seperti brush tool, pencil tool, paint bucket tool dll.
b)      Background color : merupakan warna untuk background suato gambar atau objek.
c)      Default color : digunakan untuk mengembalikan warna ke warna asalnya yaitu htam dan putih.
d)     Swap color : digunakan untuk membalikan warna background dan foreground.
            Warna bacground dan dan foreground tersebut didapat diubah sesuai keinginan kita, caranya adalah dengan mengklik pada gambar foreground atau backgroud (seperti pada gambar di atas) letaknya ada di tool box. Jika sobat sudah mengkliknya maka akan muncul kotak dialog untuk memilih warna seperti berikut.
Pilihlah slah satu warna dari jutaan warna diatas sesuai keinginan jika sudah klik oke.
Selain dengan cara diatas anda juga dapat memilih warna untuk foreground dan background di pallete swaches dan pallete color, seperti ini :


Caranya sama anda tinggal memilih salh satu warna dari jutaan warna tersebut.
Dalam pewarnaan untuk memberikan warna pada suatu objek gunakanlah paint buket tool  . Caranya adalah anda pilih dulu paint bucket tool ini pada tool box kemudian pilih warna yang di inginkan sepeti yang di jelaskan di atas, jika sudah klikkan pada bagian yang ingin di rubah warnanya.
Jika anda ingin mengambil sampel warna dari sebuah gambar anda bisa mengggunkan eyedropper tool  pada tool box. Caranya adalah anda pilih dulu eyedropper tool pada too, box kemudian anda tinggal memilih dengan cara menklik pada sampel warna dari gambar yang anda inginkan, maka dengan otomatis warna pada foreground color di too box akan berubah sesuai dengan sampel warna yang anda pilih tadi.

2.      Warna gradasi
Selain warna solid seperti di atas ada juga warna gradasi, warna gradasi merupakan warna perpaduan dari dua atau lebih warna. Warna gradasi ini dapat anda terapkan dengan menggunakan gradien tool ()yang terdapat di tool box. Jika di tool box belum muncul icon gradien tool tersebut maka anda tinggal mengklik kanan pada paint bucket tool, dan anda tinggal memilihnya.
Berikut ini adalah gambar tool option pada gradien tool :


a)      Setting : merupakan tempat untuk memilih warna gradien yang di inginkan.
b)      Linier, radial, agle reflekted, diamond meupakan 5 bentuk gradasi yang di sediakan oleh photoshop anda tinggal memilih salah satunya untuk menggunakan contoh dari penggunaan 5 gradasi tersebut adalah sebagai berikut :
c)      Mode : mode merupakan tempat untuk memilih jenis pewarnaan menggukan gradien tool yang di inginkan misalnya Darien, multiply, color burn dll. Gambar di atas merupakan pewarnaan dengan mode normal.
d)     Opacity : untuk menentukan ketebalan atau transparansi ketika melakukan pewarnaan, gambar di atas menggunakan opacity 100%.
e)      Reverse : untuk membalik warna. Misanya warna dari putih menuju hitam jika reserve di tandai terlebih dahulu sebelum melakukan pewarnaan maka warna dari putih menuju hitam tadi akan berubah atau terbalik menjadi hitam menuju putih.

 


Share on Google Plus

About Teguh Gunawan

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

4 comments:

  1. wah,susah sangat nich klo photoshop..
    gak bisa editnya gan..

    ReplyDelete
  2. Mantep banget pewarnaan di photoshop ini (Y)

    ReplyDelete
  3. waah harus belajar nih biar hasil nya bgus

    ReplyDelete
  4. postingan yang bagus tentang Belajar photoshop #4 : Pewarnaan

    ReplyDelete

Silakan berkomentar sesuai dengan isi artikel. berkomentarlah dengan kata yang sopan, no SARA, no spam, no P*RN.